Sabtu, 03 Januari 2015

TULISAN : VOLI

OLAHRAGA VOLI


Assalamu’alaikum wr.wb.

              Yups kali ini saya akan membahas sekaligus menerangkan artikel yang saya buat ini yaitu tentang olahraga bola volley. Olahraga bola voli ini menurut saya olahraga ke tiga yang diminati orang Indonesia setelah Sepakbola/Futsal di posisi pertama dan Bulutangkis di posisi ke dua. Banyak yang menyukai olahraga ini karena selain mudah tetapi juga mengasyikkan untuk dimainkannya bagi yang sudah mahir memainkannya.
 
         Apa itu voli ?voli adalah olahraga yang dimainkan oleh dua tim yang saling berlawanan yang dipisahkan dengan tiang jaring/net yang dipasang ditengah-tengah lapangan. Hampir mirip dengan bulutangkis yang menggunakan net, bedanya adalah dalam olahraga voli yang bermain dalam satu tim adalah 6 orang sedangkan bulutangkis dalam satu tim berjumlah 1 atau 2 orang (single/double)dan tidak menggunakan alat pemukul seperti raket hanya memerlukan tangan kita sendiri.
          Olahraga ini lalu berkembang dengan pesat seiring dengan berjalannya waktu. Awalnya hanya sekedar permainan biasa, tapi sekarang sudah menjadi olahraga yang merambah ke taraf Internasional. Indonesia pun membentuk organisasi olahraga bola voli yang dinamakan dengan PBVSI (Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia). Banyak atlet-atlet yang dibesarkan dari organisasi ini, sehingga jika ada kejuaraan/tournament kita bisa mengikut sertakan atlet-atlet kita dalm kejuaraan/tournament tersebut dan dapat mengharumkan nama bangsa.
          Ada beberapa jenis kejuaraan yang saya ketahui, yaitu : Proliga, Kejurnas, Livoli, dan Kejurda. Di antara ke empat kejuaraan tersebut, ada satu yang saya pernah ikuti yaitu Kejurda. Banyak pengalaman yang saya dapatkan dari kejuaraan tersebut. Kejurda adalah kejuaraan yang dilakukan tiap-tiap provinsi, dan saya bangga dapat mewakili Jak-tim dalam kejuaraan itu. Jika dalam kejuaraan tersebut ada pemain-pemain berbakat, akan di saring oleh Menpora dan akan dilatih untuk bisa mengikiti kejuaraan-kejuaraan yang lebih tinggi lagi seperti mengikuti kejuaraan Livoli, Kejurnas, dan bisa ikut serta dalam Proliga (Kejuaraan tingkat Internasional).
          Sekian penjelasan artikel yang saya buat ini tentang olahraga bola voli, semoga bermanfaat bagi yang membacanya, serta bukan hanya di baca tetapi kita bisa menerapkannya, syukur-syukur kita bisa menjadi atlet bola voli yang hebat dan juga hand al. amiieen….


Wassalamu’alaikum wr.wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar