Sabtu, 03 Januari 2015

TULISAN : TANAH LONGSOR


TANAH LONGSOR
 


Assalamu’alaikum wr.wb.

          Lanjut dari artikel yang sebelumnya mengenai bencana alam yaitu banjir dan kebakaran, kali ini saya akan menerangkan artikel yang saya buat tentang bencana alam juga yaitu tanah longsor. Tanah longsor yang saya ketahui adalah suatu bencana alam yang disebabkan oleh dua faktor yaitu faktor alam dan faktor manusia/dari kelalaian dari kita sendiri.
          Tanah longsor yang disebabkan oleh faktor alam adalah dikarenakan oleh kontur/keadaan tanah yang labil. Sedangkan tanah longsor yang disebabkan oleh faktor manusia/dari kelalaian dari kita sendiri adalah disebabkan oleh penebangan liar, pembuatan bangunan di lereng maupun di puncak gunung yang mempunyai kontur tanah yang masih bagus/alami.
          Negri kita adalah Negara yang bisa di bilang Negara kaya raya oleh alam, tapi kebanyakan dari kita banyak melakukan perbuatan yang tidak bertanggung jawab yang mengakibatkan sering terjadinya tanah longsor. Padahal dengan sering melakukan  perawatan di wilayah hutan/dimana saja yang kontur tanahnya masih bagus Negara kita akan tehindar dari tanah longsor, meskipun ada faktor lain yang menyebabkan terjadinya tanah longsor. Setidaknya kita dapat meminimalisir terjadinya tanah longsor.
          Maka dari itu kita harus senantiasa menjaga sekaligus merawat alam negri tercinta kita ini yaitu dengan melakukan  reboaisasi, membangun bangunan dilereng gunung secara benar, dll. Sekian penjelasan dari saya, hanya sekedar ini saja yang saya ketahui, semoga bagi pembaca senantiasa mengingat pesan saya yang di atas dan semoga kita terhindar dari bencana tanah longsor.
Wassalamu’alaikum wr.wb.
           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar